Daftar Klub Juara Liga Champions Eropa Terbanyak

Liga Champions merupakan kompetisi antar-klub terbesar dan paling bergengsi di Eropa. Nama resmi kompetisi ini adalah UEFA Champions League atau biasa disingkat dengan UCL. Dulunya ajang ini bernama European Champions Cup sebelum formatnya berganti menjadi Liga Champions pada tahun 1992-1993. Ajang ini diselenggarakan oleh UEFA selaku badan sepakbola tertinggi di Eropa mulai tahun 1955-1956. Liga Champions mempertemukan klub-klub juara dari liga-liga elit di benua Eropa. Mulai tahun 1997, klub dari liga elit Eropa mendapatkan jatah lebih. Beberapa liga bergengsi seperti liga Inggris, liga Spanyol, liga Jerman dan liga Italia mendapat jatah lebih banyak mengirimkan wakilnya di Liga Champions, tergantung dengan koefisien liga mereka.

Sepanjang sejarahnya, Real Madrid menjadi tim dengan trofi juara Liga Champions terbanyak yaitu 12 kali. Mereka sukses menyabet 5 gelar pertama Liga Champion di lima musim awal, sebelum meraih trofi kesebelas Uni Decima di tahun 2016 lalu. AC Milan membuntuti dengan total 7 gelar juara. Sementara Liverpool, Bayern Munchen dan juga Barcelona sukses meraih 5 trofi UCL. Kelima klub tersebut ditambah dengan klub Belanda, Ajax Amsterdam yang sukses meraih tiga kali juara secara berturut-turut sukses mendapat predikat badge of honor resmi dari UEFA.


Daftar Klub Juara Liga Champions Eropa Terbanyak


12 kali - Real Madrid (Spanyol)
7 kali - AC Milan (Italia)
5 kali - Liverpool (Inggris), Bayern Munchen (Jerman), Barcelona (Spanyol)
4 kali - Ajax Amsterdam (Belanda)
3 kali - Inter Milan (Italia), Man United (Inggris)
2 kali - Juventus (Italia), Benfica (Portugal), FC Porto (Portugal), Notthingham Forest (Inggris)
1 kali - Borussia Dortmund (Jerman), Glasgow Celtic (Skotlandia), Olympique Marseille (Prancis), Aston Villa (Inggris), Feyenoord Rotterdam (Belanda), Hamburg SV (Jerman), PSV Eindhoven (Belanda), Steaua Bucharest (Rumania), Red Star Belgradge (Serbia), Chelsea (Inggris)


Sementara itu Juventus menjadi klub paling sering kalah di final, yaitu 7 kali kalah dan hanya dua kali menjadi juara dari 9 kesempatan. Dua klub lain, Benfica dan Bayern juga cukup sering kalah di final, yaitu sebanyak 5 kali. Bagi Bayern, hal ini berarti mereka mendapat presentase juara 50% dengan 5 kali juara dan 5 kali runner up dari 10 kali kesempatan. Sementara Benfica lebih buruk karena hanya menang 2 kali dan kalah 5 kali dari 7 kali ke final. Hal lebih buruk menimpa 3 klub Eropa lain, yaitu Valencia, Atletico Madrid dan Stade de Reims. Ketiga klub tersebut dua kali masuk final, namun selalu kalah. Selain itu ada banyak klub yang sekali masuk final namun harus puas menjadi runner up.


Jumlah Runner Up Finalis Liga Champions

7 kali - Juventus (Italia)
5 kali - Benfica (Portugal), Bayern Munchen (Jerman)
4 kali - AC Milan (Italia)
3 kali - Real Madrid (Spanyol), Barcelona (Spanyol), Atletico Madrid (Spanyol)
2 kali - Stade Reims (Prancis), Inter Milan (Italia), Ajax Amsterdam (Belanda), Valencia (Spanyol), Liverpool (Inggris), Man United (Inggris)
1 kali - Fiorentina (Italia), Eintracht Frankfurt (Jerman), Partizan Belgradge (Serbia), Glasgow Celtic (Skotlandia), Panathinaikos (Yunani), Leeds United (Inggris), Saint Etienne (Prancis), Borussia M'Gladbach (Jerman), Club Brugge (Belgia), Malmo (Swedia), Hamburg (Jerman), AS Roma (Italia), Steaua Bucharest (Rumania), Olympique Marseille (Prancis), Sampdoria (Italia), Bayer Leverkusen (Jerman), AS Monaco (Prancis), Arsenal (Inggris), Chelsea (Inggris), Borussia Dortmund (Jerman)


Distribusi Gelar Juara Liga Champions menurut Negara 

1. Spanyol (17 juara, 11 runner up)
2. Italia (12 juara, 16 runner up)
3. Inggris (12 juara, 7 runner up)
4. Jerman (7 juara, 10 runner up)
5. Belanda (6 juara, 2 runner up)
6. Portugal (4 juara, 5 runner up)
7. Prancis (1 juara, 5 runner up)
8. Skotlandia (1 juara, 1 runner up)
9. Rumania (1 juara, 1 runner up)
10. Serbia (1 juara, 1 runner up)
11. Yunani (0 juara, 1 runner up)
12. Belgia (0 juara, 1 runner up)
13. Swedia (0 juara, 1 runner up)


Itulah info sepakbola terbaru mengenai daftar juara Liga Champion terbanyak dan list runner up terbanyak serta distribusi gelar per negara. Liga Champions memang menjadi kompetisi antarklub terbesar dan paling bergengsi di Eropa, bahkan dunia. Selain itu hadiah uang di kompetisi UCL juga menjadi yang terbesar di dunia. Kita tunggu saja klub mana yang akan menjadi juara liga Champion di musim berikutnya.


(zakipedia)

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon