10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Manga adalah sebutan dari komik Jepang, sedangkan Anime adalah sebutan dari kartun Jepang yang kebanyakan diadaptasi dari cerita di manga. Tidak hanya di Jepang dan Indonesia, manga dan anime kini sudah menjadi salah satu media populer yang tersebar ke seluruh  dunia. Banyak manga Jepang yang mampu menjadi best seller di berbagai negara dan selalu ditunggu kelanjutan ceritanya di tiap volume terbitannya. Selain itu juga banyak anime-anime Jepang yang ditayangkan di channel TV di seluruh dunia.

Banyaknya manga dan anime asal negeri Sakura yang telah tersebar ke seluruh dunia tentu menjadi suatu daya tarik tersendiri. Namun dari sekitar puluhan manga dan anime yang terkenal, hanya ada beberapa yang dapat dikategorikan yang terbaik dan paling populer di antara manga dan anime yang lainnya.


1. Naruto


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Naruto adalah manga dan anime yang paling populer saat ini. Kisah Naruto diadaptasi dari manga buatan Masashi Kishimoto, yang mengambil setting tentang dunia shinobi (ninja). Cerita bermula pada perjuangan seorang anak bernama Naruto Uzumaki yang bercita-cita untuk menjadi Hokage (pemimpin desa ninja). Namun hal itu sempat terhalang karena keberadaan monster rubah ekor sembilan yang disegel di tubuh Naruto yang membuatnya menjadi incaran organisasi kriminal Akatsuki. Untuk versi anime terdapat dua versi yaitu Naruto dan Naruto Shippuden. Naruto Shippuden lebih menitikberatkan pada perjuangan Naruto dan teman-temannya untuk mencari dan membawa pulang Sasuke Uchiha yang memutuskan untuk meninggalkan desa Konoha. Plot cerita yang bercabang, rumit dan seru membuat Naruto menjadi sangat sukses, baik manga maupun animenya. Bahkan sudah ada beberapa film Naruto The Movie yang dirilis.


2. One Piece


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

One Piece adalah sebuah anime yang diadaptasi dari manga ciptaan Eiichiro Oda dengan judul yang sama. One Piece mengambil setting tentang petualangan bajak laut dan pencarian harta karun. One Piece bercerita tentang Monkey D. Luffy dan teman-temannya yang tergabung dalam kelompok bajak laut topi jerami yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Kepopuleran One Piece membuat serial ini sudah tersebar ke seluruh dunia. Selain itu juga ada 8 versi layar lebar dari One Piece yang telah beredar.


3. Death Note


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Death Note adalah judul serial manga dan anime Jepang karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Death Note menceritakan tentang seorang siswa bernama Light Yagami yang secara kebetulan menemukan buku Death Note milik dewa kematian di mana ia bisa membunuh seseorang dengan cepat dengan hanya menuliskan nama orang tersebut di buku yang ia temukan itu. Ia pun kemudian menggunakan kekuatan itu untuk membunuh orang-orang jahat yang ada dan membuatnya disebut pembunuh misterius. Masalah pun muncul ketika detektif 'L' berupaya untuk melacak keberadaan pembunuh misterius tersebut.


4. Dragon Ball


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Dragon Ball adalah manga dan anime Jepang karangan Akira Toriyama. Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung. Ia kemudian bertemu Bulma yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang disebut Dragon Ball yang bisa mengabulkan semua keinginan bila terkumpul. Kisah pun semakin meluas dengan banyaknya musuh yang bermunculan.


5. Detective Conan


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Manga dan anime ciptaan Gosho Aoyama ini sedikit berbeda dengan yang ada di list ini. Detective Conan merupakan manga dan anime yang bertema kehidupan detektif. Kisahnya bercerita tentang seorang remaja bernama Shinichi Kudo yang terjebak dalam tubuh anak-anak karena pengaruh obat terlarang dari sebuah organisasi hitam. Ia pun menggunakan nama samaran Conan Edogawa dan menyembunyikan identitasnya dari organisasi baju hitam yang menyangkanya sudah mati.


6. Bleach


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Bleach adalah salah satu manga paling populer karya Tite Kubo. Bleach juga dibuatkan versi anime dengan judul sama dan telah mengudara di berbagai saluran di dunia. Bleach bercerita tentang seorang remaja bernama Ichigo Kurosaki yang memperoleh kekuatan seorang dewa kematian (shinigami). Kurosaki dan para dewa kematian lain kemudian bertugas untuk melindungi manusia dari roh-roh jahat.


7. Fairy Tail


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Fairy Tail adalah seri manga yang dibuat dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Fairy Tale mengambil plot dan setting tentang dunia sihir. Secara garis besar, Fairy Tale mengisahkan seorang penyihir muda bernama Lucy Heartfilia yang berkelana ke negara Fiore dan bergabung dengan kelompok Fairy Tale Guild. Ia dan anggota lain pun bertugas untuk menjalankan berbagai misi tiap harinya.


8. Hunter X Hunter


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Hunter X Hunter adalah judul manga dan anime karya Yoshihiro Togashi. Hunter X Hunter bercerita tentang seorang anak bernama Gon Freecss dalam upayanya untuk menemukan ayahnya bernama Ging Freecss yang merupakan seorang hunter kelas profesional. Gon pun berupaya untuk menjadi kuat dengan mengikuti ujian Hunter agar ia mendapat lisensi Hunter profesional dan dapat menemukan ayahnya.


9. Samurai X


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Samurai X memiliki judul asli Rurouni Kenshin ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Samurai X  bercerita tentang Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai 'Hitokiri Battousai' atau Batosai si pembantai, yang menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang, dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorang pun lagi di masa ini. Untuk itulah ia menggunakan pedang 'Sakabatou', yang bermata terbalik.


10. Doraemon


10 Manga & Anime Terbaik dan Terpopuler di Dunia

Mungkin inilah manga dan anime populer yang paling 'relax' dari seluruh list ini, karena plot ceritanya yang tidak terlalu serius dan berat. Doraemon adalah manga dan anime karya Fujiko Fujio yang bercerita tentang sebuah robot kucing masa depan bernama Doraemon yang dikirim kembali ke masa lalu untuk menolong seorang anak bernama Nobita yang selalu mendapat kesialan di kehidupannya. Doraemon memiliki alat-alat ajaib dari masa depan yang disimpan di kantong ajaib yang dipergunakan untuk menolong Nobita dalam menjalani kehidupannya.


Itulah daftar 10 manga dan anime terpopuler di dunia versi Zakipedia. Memang kehadiran manga dan anime asal Jepang saat ini sudah tidak terbendung lagi karena banyaknya manga dan anime yang sudah terkenal di seluruh dunia.


(zakipedia)

mokhammad zakky

2 komentar


EmoticonEmoticon