7 Air Terjun Terbesar dan Terderas di Dunia

Air terjun (waterfall) adalah salah satu fenomena alam di mana kumpulan air dari suatu sungai yang jatuh ke bawah karena adanya jurang atau ngarai dari permukaan tempat arus sungai mengalir tersebut ke bawa. Di dunia ini banyak kita jumpai keberadaan air terjun, baik air terjun yang berukuran kecil maupun air terjun yang berukuran sangat besar sekalipun. Untuk menentukan besar atau kecilnya air terjun tidak menggunakan ukuran tingginya dari permukaan atas ke bawah, namun dengan menghitung jumlah debit air yang jatuh di tiap detiknya.

Salah satu air terjun yang paling terkenal di dunia adalah Air Terjun Niagara yang terletak di Kanada. Air terjun tersebut dikunjungi oleh jutaan wisatawan dari seluruh dunia tiap tahunnya. Namun ternyata air terjun Niagara tersebut bukanlah air terjun yang paling besar di dunia. Lalu air terjun manakah yang menjadi air terjun terbesar di dunia saat ini dengan arus air yang paling deras? Berikut kami tampilkan list 7 air terjun terderas di dunia ditinjau menurut besar debit airnya.

7 Air Terjun Terbesar dan Terderas di Dunia


1. Air Terjun Guaira

Debit air :13.310 m3/detik
Negara : Paraguay

2. Air Terjun Niagara

Debit air :6.009 m3/detik
Negara : Kanada

3. Air Terjun Paulo Afonco

Debit air :2.832 m3/detik
Negara : Brasil

4. Air Terjun Urubupunga

Debit air :2.742 m3/detik
Negara : Brasil

5. Air Terjun Igauzu

Debit air :1.744 m3/detik
Negara : Argentina

6. Air Terjun Patos Maribondo

Debit air :1.500 m3/detik
Negara : Brasil

7. Air Terjun Victoria

Debit air :1.087 m3/detik
Negara : Zimbabwe


Itulah info dunia terbaru mengenai list 7 air terjun terbesar di dunia yang paling deras lengkap update terbaru. Daftar tersebut diranking berdasarkan jumlah debit air yang paling deras di tiap detiknya. Kebanyakan air terjun yang paling deras tersebut memang terletak di benua Amerika Selatan di negara negara latin seperti Paraguay, Argentina atau pun Brasil. Sekian info unik dunia kali ini, semoga bisa menambah wawasan.


(zakipedia)

Mokhammad Zakky


EmoticonEmoticon