11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Dunia sepakbola pada tahun 2012 masih didominasi dengan persaingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Selain itu pemain-pemain lain yang mencuri perhatian antara lain Andres Iniesta, Andrea Pirlo atau Zlatan Ibrahimovic. Namun selain pemain-pemain terbaik yang sudah senior itu juga ada beberapa pemain muda yang mencuri perhatian.  Selama beberapa tahun belakangan, pemain-pemain muda seperti Neymar, Eden Hazard, Juan Mata, Ganso, Lucas Moura, Marco Reus, Jack Wilshere, Erik Lamela, Isco, Iker Muniain atau Mario Gotze telah menghebohkan dunia sepakbola berkat skill mereka yang di atas rata-rata. 

(baca juga daftar pemenang Ballon d'Or)

Karena itu meski usia mereka masih muda, mereka sudah bisa dikategorikan sebagai pesepakbola senior. Untuk tahun ini juga muncul banyak bibit-bibit muda yang mulai menunjukkan potensi besar di masa depan. Stephen El Shaarawy adalah yang paling menonjol karena sukses memimpin daftar top skorer Liga Italia hingga akhir 2012. Lalu siapa saja 11 pemain muda terbaik dunia di 2012 di tiap-tiap posisinya?

11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Berikut ini adalah 11 pemain sepakbola muda terbaik dunia 2012 versi Zakipedia. 11 pemain ini diambil tiap-tiap posisi dengan menggunakan formasi 3-4-3 dan mencantumkan pemain pelapisnya, dengan catatan pemain-pemain tersebut baru mulai bersinar di tahun 2012 ini.
Goalkeeper

1. Vito Mannone (Arsenal/Italia)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Awal musim 2012-2013, Arsene Wenger sempat dilanda kebingungan setelah penjaga gawang utama Arsenal, yaitu Wojciech Sczcesny mengalami cedera. Di saat bersamaan, kiper pelapis Lukasz Fabianski juga mengalami cedera. Wenger pun tidak punya pilihan lain selain mempercayakan kiper mudanya, Vito Mannone untuk mengawal gawang Arsenal. Hasilnya ternyata tidak buruk, bahkan bisa dibilang sangat baik. Mannone beberapa kali membuat penyelamatan penting dan sering menorehkan clean sheet. Bahkan saat Sczcesny sudah pulih dari cedera, Mannone masih terus diberi kepercayaan tampil oleh Wenger.

Cadangan :
Mattia Perin (Pescara/Italia)
Thibaut Courtois (Atletico/Belgia)


Defender

2. Martin Montoya (Barcelona/Spanyol)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Akademi sepakbola junior Barcelona yang dikenal dengan La Masia memang sudah terkenal sering mencetak pemain-pemain muda berbakat. Martin Montoya adalah salah satunya. Pada musim ini, Montoya dipromosikan ke tim senior dan ia membayar tuntas kepercayaan itu. Montoya yang berposisi sebagai bek kanan ini kerap tampil musim ini setelah Dani Alves yang megisi pos itu kerap dilanda cedera. Penampilan apiknya membuatnya dipanggil untuk memperkuat timnas senior Spanyol untuk pertama kalinya.

3. Steven Caulker (Tottenham/Inggris)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Cederanya Michael Dawson dan Benoit Assou-Ekotto di awal musim membuat pelatih baru Tottenham, yaitu Andre Villa-Boas bingung. Ia pun bereksperimen dengan memasang bek muda Steven Caulker berduet dengan bek senior, William Gallas. Hasilnya, Caulker tampil brillian. Ia memiliki kemampuan marking dan heading yang bagus. Caulker juga sempat memperkuat timnas Inggris dan langsung mencetak gol debutnya.

4. Bruno Martins Indi (Feyenoord/Belanda)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Bruno Martins Indi merupakan pemain didikan akademi Feyenoord. Pemain asal Belanda ini memang menunjukkan potensi sebagai pemain hebat. Kemampuannya menjaga daerah pertahanan membuat ia kini menjadi bek andalan timnas Belanda meski ia masih muda. Martins Indi juga telah membuat 3 gol internasional selama 2012 meski posisinya adalah pemain bertahan.

Cadangan :
Carl Jenkinson (Arsenal/Inggris)
Marc Bartra (Barcelona/Spanyol)
Mapou Yanga-Mbiwa (Newcastle/Prancis)
Luca Marrone (Juventus/Italia)
Jetro Willems (PSV/Belanda)


Midfielder

5. Paul Pogba (Juventus/Prancis)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Setelah sempat berkonflik dengan pelatih Sir Alex Ferguson, pemain muda Manchester United, Paul Pogba akhirnya pindah ke Juventus. Pogba memang disebut Fergie sebagai pemain muda yang memiliki talenta brilliant. Bersama Juventus, Pogba diplot untuk melapis trio Pirlo-Vidal-Marchisio. Namun saat diberi kesempatan tampil, Pogba selalu mengundang decak kagum. Gaya permainannya yang elegan mengingatkan kita pada Patrick Vieira. Pogba sudah mencetak 4 gol dan turut membawa Juventus memuncaki klasemen Liga Italia hingga akhir 2012 dan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

6. Marco Verratti (PSG/Italia)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Marco Verratti menjadi pemain kunci Pescara saat promosi dari Serie-B ke Serie-A pada musim 2011-2012. Sempat dikabarkan akan pindah ke Juventus, Marco Verratti akhirnya memutuskan untuk pindah ke klub kaya baru Prancis, PSG. Kemampuan dan skill Verratti sebagai playmaker membuatnya banyak disamakan dengan Andrea Pirlo. Verratti juga beberapa kali dipanggil untuk memperkuat timnas senior Italia.

7. Raheem Sterling (Liverpool/Inggris)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Raheem Sterling adalah salah satu pemain sayap masa depan Inggris. Musim ini, Sterling telah dipromosikan ke tim senior Liverpool. Ia menjadi andalan di sayap Liverpool. Penampilan apiknya membuatnya mendapat panggilan pertama di timnas senior Inggris. Sterling sebenarnya memiliki opsi untuk membela timnas Jamaika karena ia juga memiliki darah Jamaika. Tapi ternyata ia lebih memilih untuk memperkuat timnas Inggris dibandingkan timnas Jamaika.

8. Alex-Oxlade Chamberlain (Arsenal/Inggris)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Setelah musim lalu sempat beberapa kali diturunkan Arsene Wenger, musim ini Alex Oxlade Chamberlain lebih banyak diturunkan dan diberi kepercayaan. Sebuah keputusan yang berani mengingat Chamberlain baru berusia 18 tahun. Namun kemampuannya memang tidak bisa dianggap remeh. Chamberlain bahkan terpilih dalam 23 skuad yang dibawa Inggris di Piala Eropa 2012 lalu. Pemain berjuluk The Ox ini diproyeksikan untuk mengisi posisi sayap Arsenal dan Inggris di masa depan.

Cadangan :
Julian Draxler (Schalke/Jerman)
Oriol Romeu (Chelsea/Spanyol)
Mateo Kovacic (Inter Milan/Kroasia)
Allen Halilovic (Dinamo Zagreb/Kroasia)
Jonjo Shelvey (Liverpool/Inggris)


Forward

9. Stephan El Shaarawy (AC Milan/Italia)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Belakangan nama Stephan El Shaarawy banyak dibicarakan dan dibandingkan dengan pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Mungkin banyak yang lupa bahwa El Shaarawy masih berusia 20 tahun dan belum genap 2 musim bermain di kasta tertinggi Italia bersama AC Milan. Musim 2012-2013 seakan menjadi titik balik El Shaarawy. Kepergian Zlatan Ibrahimovic dan cederanya beberapa pemain kunci membuatnya menjadi andalan di lini depan AC Milan. Hasilnya melebihi ekspetasi. Pemain berjuluk Little Pharaoh ini memimpin daftar top skorer Liga Italia dengan gelontoran gol-golnya

10. Cristian Tello (Barcelona/Spanyol)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Cristian Tello adalah salah satu jebolan La Masia yang sukses menembus tim inti Barcelona musim ini. Kemampuan dribble-nya adalah salah satu nilai positif bagi pemain asal Spanyol ini. Tello tak canggung bekerjasama dengan pemain sekelas Lionel Messi, Andres Iniesta atau Xavi Hernandez. Bahkan belakangan, Tello mulai menggusur posisi David Villa yang belum menemukan performa terbaiknya usai cedera panjang.

11. Wilfred Zaha (Crystal Palace/Inggris)


11 Wonderkid dan Pemain Muda Terbaik 2012

Wilfred Zaha adalah pemain asal Inggris keturunan Inggris dan Pantai Gading. Ia bermain bersama klub divisi 1 Inggris, Crystal Palace. Meski begitu, ia berhasil menarik perhatian dunia berkat permainan gemilangnya. Zaha yang baru saja mendapat panggilan timnas senior Inggris pertamanya kini menjadi salah satu wonderkid paling diincar. Tak kurang, Real Madrid, Arsenal dan Manchester City berminat untuk merekrut Wilfred Zaha dengan iming-iming gaji besar dan kompetisi yang lebih bergengsi.

Cadangan :
Lorenzo Insigne (Napoli/Italia)
M'Baye Niang (AC Milan/Prancis)
Viktor Fischer (Ajax/Denmark)
Jese Rodriguez (Real Madrid/Spanyol)
Alvaro Morata (Real Madrid/Spanyol)


Bila pemain-pemain tersebut disusun secara skema di atas kertas dengan menggunakan formasi 3-4-3 maka akan terlihat seperti ini :



Mannone


Montoya - Caulker - Martins Indi

Sterling - Verratti - Pogba - Chamberlain

Zaha - El Shaarawy - Tello


(baca juga 11 pemain terbaik dunia tahun 2012)


Itulah info daftar 11 pemain muda dan wonderkid terbaik dunia sepanjang tahun 2012 versi Zakipedia. Kesebelas pemain tersebut memang masih muda. Namun mereka telah mampu menunjukkan performa yang luar biasa selama tahun 2012 lalu. Mereka banyak berkontribusi bagi klub dan timnasnya sehingga bukan tidak mungkin, para wonderkid ini akan menjadi pemain hebat di masa mendatang. Layak ditunggu kontribusi mereka di tahun 2013 mendatang.

Punya pendapat lain? Silahkan tulis di komentar ...


(zakipedia)

mokhammad zakky

1 komentar so far

nitip link gan http://goo.gl/Lvemy0
JALANTIKUS TEMPAT DOWNLOAD SOFTWARE DAN GAME ANDROID PALING LENGKAP DI INDONESIA!


EmoticonEmoticon