Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pertandingan apakah yang dinobatkan sebagai pertandingan terbaik dan paling ditunggu di level klub? Mungkin akan banyak jawaban, namun semua setuju jika ada satu duel yang paling dinanti, yaitu Barcelona vs Real Madrid. Duel dua klub ini dijuluki sebagai El Clasico, sebagai laga klasik yang paling populer. Kedua klub tersebut memang menjadi salah satu klub terbaik, baik di Spanyol, di Eropa maupun juga di dunia. Banyak juga fanbase dan penggemar Los Cules dan Los Blancos yang tersebar di seluruh dunia. Maka tak heran jika El Clasico layak dinobatkan sebagai duel paling ditunggu, setidaknya dua kali dalam satu tahun pada ajang La Liga Spanyol.

Sejarah El Clasico

Duel El Clasico dalam bahasa Inggris disebut dengan The Classic dan dalam bahasa Indonesia berarti klasik, adalah derby yang mempertemukan dua klub raksasa Spanyol yaitu klub asal ibukota, Real Madrid dan klub dari daerah Catalunya, FC Barcelona. El Clasico edisi pertama terjadi pada 17 Februari 1929, dimana tim tamu Real Madrid unggul tipis atas Barcelona dengan hasil akhir pertandingan 1-2.

Namun pada beberapa sumber yang lain disebutkan bahwa El Classico pertama kali berlangsung pada sebuah turnamen mini yang diselenggarakan untuk memperingati penobatan Raja Alfonso XII pada tahun 1902. Dimana pada saat itu cerita-cerita politik yang berpengaruh sangat kuat. Pertarungan dua tim ini juga menjadi simbol pertarungan politik antara pihak pemerintahan Spanyol yang diwakili Real Madrid, dan pihak Catalonia yang diwakili Barcelona.

Rekor dan Sejarah El Clasico, Barcelona vs Real Madrid

Pemain yang pernah menyebrang ke rival


Duel dua tim ini tak ubahnya sebuah perang. Oleh karena itu, pemain yang membelot pindah dan ke tim rival bisa dicap pengkhianat. Ada beberapa nama pemain bintang yang melakukannya, seperti Bernd Schuster, Michael Laudrup, Luis Figo, Luis Enrique hingga Ronaldo, semuanya pernah merasakan bermain di dua klub tersebut. Mereka merasakan kerasnya bermain di El Clasico dengan dua tim yang berbeda. 

Luis Figo menjadi pemain yang paling dicap pengkhianat. Pada tahun 2000, Figo pindah dari Barcelona ke Real Madrid secara langsung. Suporter Barcelona sangat kesal. Ia pernah dilempar kepala babi dalam sebuah pertandingan, oleh pendukung Barcelona yang marah dengan keputusan Figo menyebrang ke Madrid dari Barcelona.

(baca juga daftar pemain Barcelona dan daftar pemain Real Madrid)

Rekor dan Sejarah El Clasico

Hasil El Clasico Era Modern


Pertarungan antara Madrid dan Barcelona makin memanas setelah kedatangan Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho ke Santiago Bernabeu. Duel menentukan yang terbaik bukan hanya soal tim, tapi menular ke individu. Pep Guardiola dan Jose Mourinho kerap dibandingkan. Secara head to head, Pep lebih unggul ketimbang Mou. Meski kini Pep Guardiola telah mundur dan digantikan Tito Vilanova, gaung El Clasico tidak berkurang sama sekali. 

Nama lain yang kerap dibandingkan adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keduanya dianggap sebagai pemain terbaik dunia di era sepakbola modern. Saat Barcelona dan Madrid bertemu, kedua pemain ini selalu menjadi sorotan dan diperbandingkan. Faktanya, Messi memang sedikit lebih unggul ketimbang Ronaldo jika menilik jumlah prestasi dan juga jumlah gol-golnya. 

Bicara rekor pertemuan antara Barca dan Real Madrid tentu punya catatan yang panjang. Keduanya sama-sama hebat dan sering saling mengalahkan. Meski demikian, secara total Madrid masih lebih unggul dari Barcelona. Dalam 162 laga yang telah dijalani kedua tim di ajang La Liga, Madrid berhasil menang 68 kali. Sementara El Barca hanya mengoleksi 63 kemenangan, sedangkan 31 laga sisanya berakhir dengan hasil imbang. 

Berikut ini rekor pertemuan El Clasico.

La Liga :
Total pertandingan = 173
Real Madrid menang = 72 menang, 282 gol
FC Barcelona menang = 68 menang, 274 gol
Imbang = 33
Skor Terbesar = Madrid 11-1 Barcelona (3 Februari 1942)

Copa del Rey :
Total pertandingan = 33
Real Madrid menang = 12 menang, 64 gol
Barcelona menang = 14 menang, 63 gol
Imbang = 7
Skor Terbesar = Madrid 6-6 Barcelona (Semifinal 1916)

Spanish Super Cup :
Total pertandingan = 12
Real Madrid menang = 6 menang, 25 gol
Barcelona menang = 4 menang, 17 gol
Imbang = 2
Skor Terbesar = Madrid 4-1 Barcelona (1997-1998)

Liga Champions :
Total pertandingan = 8
Real Madrid menang = 3 menang, 13 gol
Barcelona menang = 2 menang, 10 gol
Imbang = 3
Skor Terbesar = Madrid 3-1 Barcelona (Semifinal 1959-1960)


(zakipedia)

mokhammad zakky

2 komentar

Ada yang terbaru gak mengenai el clasico!!???

Ada yang terbaru gak ttg el clasico?


EmoticonEmoticon